Buku K13 Edisi Revisi 2017 Kelas 5 Semester 2 Tapel 2017/2018

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Buku K13 Edisi Revisi 2017 Kelas 5 Semester 2 Tapel 2017/2018 dipergunakan untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan. Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.

Buku ini merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu. Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan sumbang saran, kritikan, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.

Buku Kelas 5 Semester 2 Tapel 2017/2018 ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Adapun buku ini berisi sebagai berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
  2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  4. Berbagai teknik penilaian peserta didik.
  5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua yang memberikan kesempatan kepada orang tua, untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah.
  7. Petunjuk penggunaan buku peserta didik. 

Kegiatan pembelajaran dalam buku ini, didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi sebagai berikut.
  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik, dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya, agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memaham konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.
Download Buku K13 Edisi Revisi 2017 Kelas 5 Semester 2 Tapel 2017/2018 berikut ini sebagai persiapan guru dalam membuat perangkat pembelajaran.

Buku Guru SD/MI Kelas 5 Semester 2
Tema 6 Panas dan Perpindahannya
Penulis : Fransiska, Diana Karitas
Penelaah : Margono, Suharsono, Bambang Prihadi, Widia Pekerti, Suharji, Vincetia Irene, Nur Wahyu Rochmadi, Erlina Wiyanarti, Elindra Yetti
Pereview : Hartanti


Buku Siswa SD/MI Kelas 5 Semester 2
Tema 6 Panas dan Perpindahannya
Penulis : Fransiska, Diana Karitas
Penelaah : Margono, Suharsono, Bambang Prihadi, Widia Pekerti, Suharji, Vincetia Irene, Nur Wahyu Rochmadi, Erlina Wiyanarti, Elindra Yetti
Pereview : Hartanti

Buku Guru SD/MI Kelas 5 Semester 2
Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan
Penulis : Maryanto, Fransiska, Diana Puspa, Heny Kusumawati, dan Ari Subekti.
Penelaah : Bambang Prihadi, Elindra Yetti, Erlina Wiyanarti, Rahmat, Suharji, Suharsono,
Vicentia Irene M., dan Widia Pekerti.
Pereview Guru : Edi Waluyo

Buku Siswa SD/MI Kelas 5 Semester 2
Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan
Penulis : Maryanto, Fransiska, Diana Puspa, Heny Kusumawati, dan Ari Subekti.
Penelaah : Bambang Prihadi, Elindra Yetti, Erlina Wiyanarti, Rahmat, Suharji, Suharsono,
Vicentia Irene M., dan Widia Pekerti.
Pereview Guru : Edi Waluyo

Buku Guru SD/MI Kelas 5 Semester 2
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Penulis : Heny Kusumawati
Penelaah : Widia Pekerti, Daru Wahyuni, Suharji, Bambang Prihadi, Ana Ratna Wulan, Elindra Yetti, Margono, Liliana Muliastuti, Nur Wahyu Rochmadi.
Pe-review : Ihal

Buku Siswa SD/MI Kelas 5 Semester 2
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Penulis : Heny Kusumawati
Penelaah : Widia Pekerti, Daru Wahyuni, Suharji, Bambang Prihadi, Ana Ratna Wulan, Elindra Yetti, Margono, Liliana Muliastuti, Nur Wahyu Rochmadi.
Pe-review : Ihal

Buku Guru SD/MI Kelas 5 Semester 2
Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita
Penulis : Ari Subekti.
Penelaah : Ana Ratnawulan, Daru Wahyuni, Rahmat, Suharji, Bambang Prihadi, Erlindra Yetti, Liliana Muliastuti, Widia Pekerti.
Pe-review : Aminah

Buku Siswa SD/MI Kelas 5 Semester 2
Tema Benda-Benda di Sekitar Kita
Penulis : Ari Subekti.
Penelaah : Ana Ratnawulan, Daru Wahyuni, Rahmat, Suharji, Bambang Prihadi, Erlindra Yetti, Liliana Muliastuti, Widia Pekerti.
Pe-review : Aminah





Bagi Bapak/Ibu Guru Lembaga yang ingin membeli utuk melaksanakan proses pembelajaran kepada peserta didik, maka biaya sepenuhnya di danai oleh BOS, dan proses pembeliannya melalui penerbit yang sudah di rekomendasikan oleh pihak Kemdikbud.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memori Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah 2017

Contoh Proposal Kegiatan Esktrakurikuler Sepakbola Mini

Petunjuk Pengisian Aplikasi dan Panduan Kuisioner PMP 1.2